Saturday, March 7, 2015

Candi Plaosan adalah Candi Kembar 

Candi Plaosan merupakan bangunan yang berupa dua candi kembar karena ukuran dan bentuk candi tersebut sama. Candi yang berdiri di sebelah selatan bernama Candi Plaosan Kidul, sedangan candi yang berdiri di sebelah utara bernama Candi Plaosan Lor. Candi kembar tersebut berukuran panjang 15 meter , lebar 10 meter dan tinggi 15 meter. Yang membedakan antara kedua candi tersebut adalah relief dan ornamen yang memiliki bentuk dan corak tersendiri.
Candi Plaosan merupakan sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Adanya kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara (pendamping/kecil) yang berbentuk stupa menandakan bahwa candi-candi tersebut adalah candi Buddha. Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang, atau juga dikenal dengan nama Kerajaan Mataram Kuno.


Konon ceritanya Candi Plaosan memiliki kekuatan cita pasangan dari Rakai Pikatan dengan Pramudya Wardani sehingga dapat mendatangkan berkah asmara bagi siapa saja yang mengunjungi candi ini. Konon candi Plaosan ini mampu mendatangkan berkah bagi pasangan yang belum mendapatlkan keturunan, dengan memohon di tempat ini maka harapan dari pasangan tersebut akhirnya berhasil mendapatkan keturunan seperti yang diharapkan. Waktu permohonan sebaiknya dilaksanakan pada malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon. Ritual harus dilakukan sebanyak tiga kali, baik itu tiga kali berturut-turut ataupun tiga kali dengan hari yang berlainan, yang penting ritualnya genap tiga kali (bagi yang percaya).


Candi Plaosan, sebelah kanan disebut candi wanita, sebelah kirinya candi pria.


Lokasi Candi Ploasan mudah di jangkau, ini bila anda datang dari Yogyakarta sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Dengan mengikuti Jalan Solo sampai di Kecamatan Prambanan, anda akan menemukan lampu merah yang ketiga ( sebelah timur Kantor Pos /kalau ke selatan menuju stasiun Prambanan ) selanjutnya belok kekiri menuju Manisrenggo Klaten ). Selanjutnya ikuti jalan tersebut sampai perempatan (Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah ) berada disisi kiri /barat jalan. Selanjutnya arahkan pandangan ke arah Timur atau sebelah kanan dimana Candi Plaosan berdiri megah menanti kedatangan anda.

Untuk memasuki kawasan candi ini hanya dimintai biaya seikhlasnya dan mengisi buku tamu, biaya parkir roda dua Rp.1.000,- dan biaya parkir mobil Rp.2.000,-.

Suasana Candi Plosan saat menjelang Senja


Suasana Sekitar Candi Plaosan yang masih asri dan sejuk 






Indahnya pemandangan sawah dan pohon nan hijau di sekitar Candi Plaosan 

0 comments:

Post a Comment